Senin, 12 November 2018

Aktivitas ber Etika dan tidak ber Etika serta Pentingnya Memahami Etika Profesi


Tugas 1

Nama          : Oki Uswah Abdulkharim
Kelas          :  4ID13
NPM           : 35415255
1.  Aktivitas yang didasarkan pada etika profesi dalam bekerja dalam hubungannya dengan teknik Industri :
a.       Bertanggung jawab dalam meningkatkan yang berkaitan dengan kemampuan dalam manajerial organisasi dalam suatu perusahaan. sebagai seorang lulusan sarjana teknik, prinsip bertanggung jawab sangat menjadi dasar bahwa orang tersebut harus menjalani, memenuhi apa yang sudah ditargetkan dalam tugasnya dalam kewajiban yang harus dipenuhi dalam perusahaannya.
b.      Jujur dalam merancang suatu proyek yang diserahkan kepada pekerja. kejujuran merupakan nilai yang sangat mahal dalam etika profesi oleh suatu pekerja disemua perusahaan, karena dengan kejujurannya lah suatu aktivitas dapat berjalan dengan baik dan lancar serta pekerja tersebut akan menguntungkan diberbagai belah pihak perusahaan.
c.       Hormat dan menghargai orang lain dalam aktivitas rapat / musyawarah kerja. Dengan saling menghargai pendapat orang lain kita akan mengetahui kekurangan apa yang dibutuhkan dalam membangun suatu perusahaan. dengan menghormati orang lain saja kita dapat menjalin komunikasi yang baik dan menambah kekompakkan tim kerja untuk meningkatkan produktivitas individu maupun kelompok.

2.    Aktivitas tidak ber Etika dalam bekerja sebagai seorang sarjana teknik Industri:
a.       Saling bersaing secara tidak sehat dalam perebutan jabatan disuatu perusahaan manufaktur. Persaingan yang tidak sehat seperti saling menjatuhkan lawan kerjanya dengan cara menjelek-jelekan kinerja dari pekerja lain, dapat mengakibatkan permusuhan dan saling memutuskan ikatan silaturahmi. Banyak dampak yang terjadi jika ada aktivitas seperti ini banyak pihak yang dirugikan seperti perusahaan tidak stabil dalam pengembangannya dan mungkin ada salah satu belah pihak yang dapat kehilangan pekerjaannya akibat fitnah suatu pekerja tersebut.
b.      Korupsi waktu, uang dan apapun yang merugikan perusahaan. dalam hal ini merupakan kegiatan buruk yang dapat langsung terasa oleh perusahaan dan menyebabkan berbagai macam kerugian. Misalnya dengan korupsi waktu dapat mengurangi kuantitas dari produksi jika waktu yang dibutuhkan tidak sesuai dengan ketetapan perusahaan. Korupsi uang sangat fatal akibatnya jika dilakukan oleh suatu pekerja karena uang yang diambil dapat menghancurkan dan menyebabkan kerugian perusahaan.
c.       Tidak setia kepada perusahaan yang telah memberikan banyak keuntungan bagi pekerjanya. Tidak setia disini mengartikan, misalnya suatu pekerja teknologi industri otomotif mobil mewah berhenti dan bekerja ketempat otomotif industri asalnya, dan memberitahukan sistem teknologi terbaru yang dipunyai mobil  mewah tersebut. dalam hal ini perusahaan otomotif mobil mewah sudah dirugikan oleh pekerja tersebut karena riset yang dibutuhkan mencari teknologi itu tidak mudah dan murah.

3.     Pentingnya memahami etika profesi untuk sarjana teknik industri
     Etika profesi khususnya untuk sarjana teknik industri sangat penting harus dipahami dan diterapkan dalam suatu lingkungan perkerjaan, karena etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh setiap individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan yang telah dikerjakan itu salah atau benar, maupun baik atau salah.

Sumber            :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar